sys-ok Fans Club
Sobat Mau Jago Soal Hardware?? Klik Di Sini!!


Senin, 22 April 2013

Panduan Instalasi Konverter Kit LPG (bagian 1)

GROSIR KAOS POLOS & KAOS MURAH


1. Memasang Naple pada Karburator
Tahap pertama pada instalasi Konverter Kit LPG Dual Fuel/Hibrid adalah memasang naple pada karburator bensin. Naple ini digunakan sebagai jalan masuk gas LPG menuju mesin pembakaran. 
Ukuran Naple
Besarnya naple (bagian drat dan lehernya) harus disesuaikan, jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil. Bagian lehernya sesuikan dengan ukuran selang yang akan kita gunakan. Ukuran ideal untuk naple ini adalah: ukuran drat M5 (5 mm) dan ukuran leher naple 5 mm. Ukuran leher 5 mm cocok untuk ukuran selang dengan diameter dalam 2-3 mm.

Gambar 1. Naple kecil

Posisi Pemasangan Naple
Hal yang cukup penting adalah saat gas LPG masuk pada bagian mesin diusahakan agar semua gas LPG masuk kebagian mesin bersamaan dengan masuknya udara luar lewat filter udara. Agar menjamin gas LPG masuk semua kebagian mesin adalah usahakan pemasangan Naple sedekat mungkin dengan skep pada karburator. Makin dekat makin baik, karena memberikan respon yang baik pada putaran mesin. Jadi posisi pemasangan naple bisa dilakukan pada bagian antara mulut karburator sampai dengan skep. Jangan memasang naple antara skep dan mesin, misalnya pada intake manifold.

Gambar 2. Posisi pemasangan naple gas LPG masuk pada Pulsar

Lubang untuk Pemasangan Naple
Untuk memasang naple diperlukan lubang yang sesuai. Cara yang biasa saya lakukan adalah: 
  1. Untuk semua karburator jenis slide karburetor atau variable venturi (cirinya skep langsung ditarik oleh kabel trottle) saya biasanya memanfaatkan lubang as atau poros choke. Dengan alasan choke ini jarang bahkan tidak pernah digunakan, sehingga tidak perlu membuat lubang baru. Jadi karburator tetap 'utuh', bisa dikembalikan pada keadaan semula. Karburator jenis ini biasanya digunakan pada sepeda motor jenis bebek.
  2. Untuk semua karburator jenis constant velocity (karbu vakum) saya biasanya membuat lubang baru dengan cara dibor kemudian ditap (M5). Karburator jenis ini biasanya digunakan pada sepeda motor jenis matic atau jenis bebek dan sport keluaran tahun lebih baru.
Cara Pemasangan Naple pada Karburator
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat pemasangan naple ini. Yang penting adalah naple terpasang kuat pada karburator. Jangan sampai lepas saat digunakan. Idealnya gunakan tap pada lubangnya dan dilem saat pemasangannya. Jika terpaksa hanya menggunakan lem, maka gunakan lem yang bagus atau kuat.

Pemasangan Naple pada Honda SupraX 125

Pemasangan naple ini hampir sama untuk semua jenis motor, karena itu saya berikan satu contoh saja. Ini adalah salah satu contoh proses pemasangan naple pada Honda SupraX 125. 

Gambar 3. Buka cover bagian kanan dan kiri

Gambar 4. Buka atau lepaskan bagian Karburator

Gambar 5. Karbuator sudah dilepaskan

Gambar 6. Lepaskan semua bagian 'Choke'

Gambar 7. Komponen Choke sudah dilepaskan
Gambar 8. Pasang naple pada lubang bekas as/poros choke
Gambar 9. Naple gas masuk sudah terpasang
|| Facebook Bagi2 Software Dan Ipad Gratis Loh! Download Disini

  • Share
iklan 440x90

Baca artikel lainnya :

1 komentar:

Show Hide Comments
Anonim mengatakan...

bagus manfaat dan kalau bisa ada rangkaian skema dari tabung sampai mesin hidup

Posting Komentar

© 2011 copyright www.belajarber-sama.blogspot.com Themes By Gresik edited by belajarber-sama.blogspot
Free Download Software Full Crack Keygen Patch Serial

Panduan Instalasi Konverter Kit LPG (bagian 1)