sys-ok Fans Club
Sobat Mau Jago Soal Hardware?? Klik Di Sini!!


Sabtu, 08 Januari 2011

AT Command untuk Komunikasi dengan SMS

GROSIR KAOS POLOS & KAOS MURAH

AT Command

AT-Command adalah perintah yang dapat diberikan kepada handphone atau GSM/CDMA modem untuk melakukan sesuatu hal, termasuk untuk mengirim dan menerima SMS. Dengan memprogram pemberian perintah ini di dalam komputer/mikrokontroller maka perangkat kita dapat melakukan pengiriman atau penerimaan SMS secara otomatis untuk mencapai tujuan tertentu.
Komputer ataupun mikrokontroller dapat memberikan perintah AT-Command melalui hubungan kabel data serial ataupun bluetooth.
AT command tiap-tiap SMS device bisa berbeda-beda, tapi pada dasarnya sama. Beberapa AT Command yang penting untuk SMS yaitu sebagai berikut :
• AT + CMGS : untuk mengirim SMS
• AT + CGML : untuk memeriksa SMS
• AT + CMGD : untuk menghapus SMS
- AT + CMGR : untuk membaca SMS
Antar perangkat handphone dan GSM/CDMA modem bisa memiliki AT-Command yang berbeda-beda, namun biasanya mirip antara satu perangkat dengan perangkat lain. Untuk dapat mengetahui secara persis maka kita harus mendapatkan dokumentasi teknis dari produsen pembuat handphone atau GSM/CDMA modem tersebut.
Perintah kirim SMS
Untuk mengirim sebuah SMS perintah yang digunakan yaitu AT+CMGS = x dimana x adalah jumlah pasang karakter data PDU yang ingin dikirimkan. Dalam data PDU nanti akan tersimpan nomor tujuan pengiriman dan pesan SMS yang ingin dikirimkan.
Handphone atau GSM/CDMA modem kemudian akan merespon untuk mempersilakan memasukkan data PDU yang harus diakhiri dengan karakter CTRL-Z.
Untuk menerima SMS yang masuk perintah yang digunakan yaitu AT+CMGR=x, dimana x adalah nomor index SMS yang ingin dibaca dalam memori tempat penyimpanan (SIM card atau handphone/modem).
Handphone atau GSM/CDMA modem akan merespon dengan memberikan data PDU dari SMS yang diinginkan, dimana di dalamnya memuat nomor pengirim, waktu kirim, dan pesan SMS yang dikirim. PDU ini kemudian dikonversi ke mode teks kemudian dapat diterjemahkan oleh komputer/mikrokontroller sehingga didapatkan informasi yang ingin diketahui. || Facebook Bagi2 Software Dan Ipad Gratis Loh! Download Disini

  • Share
iklan 440x90

Baca artikel lainnya :

0 komentar:

Show Hide Comments

Posting Komentar

© 2011 copyright www.belajarber-sama.blogspot.com Themes By Gresik edited by belajarber-sama.blogspot
Free Download Software Full Crack Keygen Patch Serial

AT Command untuk Komunikasi dengan SMS